Posted by: syaunarahman | June 4, 2011

FORMAT KISI-KISI MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam Semester : IV (Empat) 2010-2011

FORM : 02/8.2.3 / KUR

FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL

SATUAN PENDIDIKAN : SMK NEGERI 48 JAKARTA

KOMPETENSI KEAHLIAN : XI PM 1, XI PM 2, XI MM, dan XI TP 4

MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam Semester : IV (Empat)

ALOKASI WAKTU : 60 Menit

JUMLAH SOAL : 25 Pilihan Ganda dan 5 Essay

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

1.

Memahami Ayat-ayat Al Qur’an tentang Perintah Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Membaca QS Ar Ruum {30} : 41-42, Al A’raf {7} : 56-58, dan Shaad {38} : 27

· Membaca dengan fasih dan benar QS Ar Ruum {30} : 41-42, Al A’raf {7} : 56-58, dan Shaad {38} : 27

· Peserta didik dapat memilih lanjutan bacaan Q.S. Ar Ruum ; 41

· Peserta didik dapat memilih lanjutan bacaan Q.S. Al A’raaf ; 57

PG

1, 2

 

Membaca QS Ar Ruum {30} : 41-42, Al A’raf {7} : 56-58, dan Shaad {38} : 27

· Menjelaskan penerapan Ilmu Tajwid QS Ar Ruum {30} : 41-42, Al A’raf {7} : 56-58, dan Shaad {38} : 27

· Peserta didik dapat memilih hukum bacaan tajwid yang terdapat dalam Q.S. Ar Ruum {30}; 41 pada bacaan ikhfä syafawȉ

· Peserta didik dapat memilih hukum bacaan QS Al A’raaf {7} : 57 pada bacaan mad ‘iwadl

· Peserta didik dapat memilih hukum bacaan QS Shaad {38} : 27 pada bacaan mad ashlȉ

PG

3,4,5

 

Menjelaskan isi

· Menjelaskan isi

· Peserta didik dapat menentukan

PG

6

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

 

kandungan QS Ar Ruum {30} : 41-42, Al A’raf {7} : 56-58, dan Shaad {38} : 27

kandungan QS Ar Ruum {30} : 41-42, Al A’raf {7} : 56-58, dan Shaad {38} : 27

contoh perilaku ciri kerusakan yang menimpa manusia pada bidang intelektual

   

2.

Meningkatkan Keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT

Menjelaskan makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT

· Menyebutkan dalil naqli iman kepada Kitab-kitab Allah SWT

· Peserta didik dapat menunjukkan maksud dari dalil naqli tentang Kitab Allah

PG

7

   

· Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah SWT

· Peserta didik dapat menentukan Rasul yang mendapat Shuhuf

PG

8

   

· Menjelaskan kedudukan dan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah SWT

· Peserta didik dapat memilih identifikasi hubungan Al Qur’an dengan Kitab sebelumnya

PG

9

3.

Membiasakan Perilaku Terpuji

Menjelaskan makna menghargai karya orang lain

· Menjelaskan pengertian dan makna menghargai karya orang lain

· Peserta didik dapat memilih maksud kandungan hadits yang mendorong seseorang berkarya

PG

10

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

   

· Peserta didik dapat menunjukkan hak yang dapat diperoleh bagi orang yang mempunyai hak cipta

PG

11

Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain

· Membiasakan berperilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

· Peserta didik didik dapat menunjukkan cara menghargai karya orang lain

· Peserta didik dapat memilih cara menggunakan (memanfaatkan) karya orang lain

PG

12, 13

4.

Menghindari Perilaku Tercela

Menjelaskan pengertian dosa besar

· Menjelaskan pengertian dan macam-macam dosa besar

· Peserta didik dapat menentukan pengertian dosa yang diambil dari istilah kata yang disebutkan Al Qur’an

PG

14

   

· Peserta didik dapat menentukan macam-macam dosa besar yang disebutkan dalam salah satu Hadits Nabi SAW

PG

15

   

· Peserta didik dapat menentukan salah satu macam syirik

PG

16

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari

· Mengidentifikasi dan menghindari perilaku dosa besar

· Peserta didik dapat menentukan hukuman akibat melakukan perampokan (menurut Syari’at Islam)

PG

17

5.

Memahami Ketentuan Hukum Islam tentang Pengurusan Jenazah

Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah

· Menjelaskan makna pengurusan dan kewajiban muslim ketika ada orang meninggal

· Peserta didik dapat menunjukkan hukum dalam pengurusan jenazah

PG

18

Memperagakan tata cara pengurusan jenazah

· Menjelaskan tata cara memandikan jenazah

· Peserta didik dapat memilih ketentuan hukum bagi yang meninggal karena mati syahid

PG

19

 

· Menjelaskan tata cara mengkafani jenazah

· Peserta didik dapat memilih ketentuan tata cara mengkafani jenazah perempuan

PG

20

 

· Menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah

· Peserta didik dapat menentukan posisi berdiri pada shalat jenazah perempuan

· Peserta didik dapat menuliskan lafadz do’a dalam shalat jenazah

PG

ESSAY

21

1

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

6.

Memahami Khutbah, Tabligh dan Dakwah

Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan dakwah

· Menjelaskan makna khutbah, syarat khatib, dan syarat-syarat khutbah

· Peserta didik dapat menentukan syarat-syarat khatib

PG

22

 

· Menjelaskan rukun, sunnah khutbah, dan adab Shalat Jum’at

· Peserta didik dapat menyebutkan rukun khutbah Jum’at

ESSAY

2

 

· Menjelaskan makna, syarat dan metode dakwah

· Peserta didik dapat menentukan syarat seorang juru dakwah /da’i

PG

23

 

· Membedakan khutbah, tabligh dan dakwah

· Peserta didik dapat menuliskan perbedaan khutbah, tabligh, dan dakwah

ESSAY

3

7.

Memahami Perkembangan Islam pada Masa Modern

Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern

· Menceritakan sejarah perkembangan Islam pada Masa Modern membangkitkan kembali kejayaan Islam

· Peserta didik dapat menuliskan salah satu hasil pemikiran pembaharuan Islam (yaitu ; pemikiran Muhammad bin Abdul Wahhab atau faham Wahhabi)

· Peserta didik dapat menunjukkan sejarah salah

ESSAY

PG

4

24

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

   

satu pertumbuhan ormas Islam di Indonesia

   

 

· Menunjukkan keteladanan yang dapat diambil dari perkembangan Islam pada Masa Modern dalam membina kemajuan umat manusia

· Peserta didik dapat menuliskan pemikiran modern umat Islam (pemikir muslim) dalam konsep negara

ESSAY

5

 

· Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada Masa Modern

· Peserta didik dapat menunjukkan contoh bukti perkembangan Islam pada masa modern

PG

25


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: