Posted by: syaunarahman | June 4, 2011

FORM : 02/8.2.3 / KUR

FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL

SATUAN PENDIDIKAN : SMK NEGERI 48 JAKARTA

KOMPETENSI KEAHLIAN : X AK 1, X AP 1, X PM 1, X MM dan X TP 4

MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam

ALOKASI WAKTU : 60 Menit

JUMLAH SOAL : 25 Pilihan Ganda dan 5 Essay

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

1.

Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi

Membaca Q.S. Ali ‘Imrän {3} : 159) , dan Q.S. Asy Syurä {42}: 38

· Menjelaskan penerapan Ilmu Tajwid Q.S. Ali ‘Imrän {3} : 159) , dan Q.S. Asy Syurä {42}: 38

· Peserta didik dapat memilih hukum bacaan Q.S. Ali ‘Imrän {3} : 159) , pada bacaan idghäm bighunnah

· Peserta didik dapat memilih hukum bacaan Q.S. Asy Syurä {42}: 38, pada bacaan qalqalah

· Peserta didik dapat memilih hukum bacaan Q.S. Asy Syurä {42}: 38, pada bacaan iżhär syafawi

PG

1, 2, 3

 

Menyebutkan arti Q.S. Ali ‘Imrän {3} : 159) , dan Q.S. Asy Syurä {42}: 38

· Mengartikan secara harfiah dan ayat Q.S. Ali ‘Imrän {3} : 159) , dan Q.S. Asy Syurä {42}: 38

· Peserta didik dapat menentukan arti harfiah pada Q.S. Asy Syurä {42}: 38

PG

4

 

Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali ‘Imrän {3} : 159) , dan Q.S. Asy Syurä {42}: 38

· Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali ‘Imrän {3} : 159) , dan Q.S. Asy Syurä {42}: 38

· Peserta didik dapat memilih kandungan ayat yang terdapat pada Q.S. Ali ‘Imrän {3} : 159

PG

5

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

2.

Meningkatkan keimanan kepada malaikat

Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat

· Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat

· Peserta didik dapat memilih asal kata malaikat

PG

6

 

· Menyebutkan asal kejadian dan tugas malaikat

· Peserta didik dapat memilih pemahaman hadits tentang asal kejadian malaikat

· Peserta didik dapat menentukan tugas malaikat

PG

7, 8

 

Menampilkan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat

· Membedakan kedudukan manusia dengan malaikat

· Peserta didik dapat menentukan salah satu kedudukan malaikat

PG

9

3.

Membiasakan perilaku terpuji

Menjelaskan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

· Menjelaskan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

· Peserta didik dapat memilih fungsi utama berpakaian dalam Islam

· Peserta didik dapat memilih pemahaman hadits tentang cara berpakaian

PG

10, 11

Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

· Mengidentikasi dan mem-berikan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, berta-mu dan menerima tamu

· Peserta didik dapat memilih contoh cara bertamu yang baik

· Peserta didik dapat menentukan contoh cara yang dianjurkan Nabi SAW ketika etika menghormati tamu

PG

12, 13

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

4.

Menghindari perilaku tercela

Menjelaskan pengertian hasud, riya’, dan dzalim (aniaya)

· Menjelaskan makna hasud, riya’, dan dzalim (aniaya)

· Peserta didik dapat memilih pengertian riya menurut bahasa

· Peserta didik dapat menentukan pengertian hasud menurut Imam Al Ghazali

PG

14, 15

Menghindari perilaku hasud, riya’, dan dzalim (aniaya) dalam kehidupan sehari-hari

· Menghindari perilaku hasud, riya’, dan dzalim (aniaya) dalam kehidupan sehari-hari

· Peserta didik dapat memilih kandungan hadits untuk menghindari bahaya hasud

· Peserta didik dapat menentukan akibat negatif perilaku riya

· Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan perbuatan yang didasari ridlo Allah dengan perbuatan yang didasari riya

PG

ESSAY

16, 17

1

5.

Memahami hukum Islam tentang Zakat, Wakaf, Haji, dan Umrah

Menjelankan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah

· Menjelaskan pengertian zakat, infaq dan shadaqah

· Peranan ZIS dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mustahik zakat

· Peserta didik dapat memilih pengertian infaq menurut bahasa

· Peserta didik dapat menyebutkan mustahiq zakat

PG

ESSAY

18

2

 

· Menjelaskan kedudukan dan kewajiban zakat

· Peserta didik dapat memilih salah satu kedudukan zakat bagi umat Islam

PG

19

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

Menjelaskan ketentuan, pelaksanaan dan perundang-undangan tentang pengelolaan haji dan umrah

· Menjelaskan pengertian,

syarat dan rukun haji dan umrah

· Peserta didik dapat memilih hal-hal yang dimaksud dalam pengertian istitha’ah sebagai salah satu syarat wajib haji

PG

20

 

· Menjelaskan Rukun dan Wajib haji dan umrah

· Peserta didik dapat memilih waktu wukuf dalam pelaksanaan haji

· Peserta didik dapat menentukan yang membedakan antara rukun dan wajib haji

PG

21, 22

Menyebutkan macam-macam cara melaksanakan haji dan umrah

· Menyebutkan cara yang benar dalam melaksanakan haji dan umrah

· Peserta didik dapat menjelaskan 3 macam cara melaksanakan haji dan umrah

ESSAY

3

6.

Memahami keteladanan Rasulullah Saw dalam membina umat pada periode Madinah

Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah Saw periode Madinah

· Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah Saw pada periode Madinah.

· Peserta didik dapat memilih waktu yang berlaku pemboikotan kepada Nabi sebelum hijrah ke Madinah

· Peserta didik dapat memilih isi perjanjian Aqabah 2 sebelumpelaksanaan hijrah ke Madinah

PG

23, 24

No.

Standar Kompetensi

( SK )

Kompetensi Dasar

( KD )

Indikator

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Nomor

Soal

1

2

3

4

5

6

7

   

· Peserta didik dapat memilih masjid yang yang pertama kali dibangun oelh Rasulullah SAW

PG

25

 

· Menunjukkan keteladanan yang dapat diambil dari cara dakwah Rasulullah Saw dalam membina umat.

· Peserta didik dapat menuliskan sikap dan perilaku yang mencerminkan dakwah di Madinah

ESSAY

4

Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Madinah

· Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Madinah

· Peserta didik dapat menyebutkan isi perjanjian Madinah

ESSAY

5


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: