Posted by: syaunarahman | January 1, 2011

Tujuan Pernikahan Menurut Islam

Sumber: www.AnneAhira.com

Tujuan Pernikahan Menurut Islam
Menikah tentu menjadi salah satu tujuan dalam hidup. Bagi Anda yang akan menikah, Anda tentu harus memahami tujuan pernikahan sebelum benar-benar memulai sebuah rumah tangga. Dengan memahami tujuan menikah, rumah tangga akan selalu harmonis serta jauh dari hal-hal yang buruk dan negatif.

Tujuan Pernikahan Dalam Islam

• Fitrah manusia
Menyukai lawan jenis dan kemudian menikah adalah hal yang wajar, dan memang fitrah manusia. Pernikahan adalah jalan hidup yang memang harus terjadi untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik kebutuhan rohani maupun jasmani.

• Ibadah
Dalam agama Islam, masa hidup seseorang haruslah dipergunakan untuk beribadah. Salah satu ibadah tersebut adalah menikah. Sebuah rumah tangga adalah ladang amal dan pahala, karena itu pernikahan sangat dianjurkan.
Anda masih bingung kenapa pernikahan adalah lahan pahala? Coba bayangkan bila Anda sudah menikah, Anda bisa saling berbagi ilmu dengan pasangan, mengontrol emosi, mengajarkan kebaikan pada pasangan, melakukan shalat berjamaah, mendidik anak secara Islami, dan masih banyak amalan lainnya yang tentu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.
Bahkan, banyak hadits yang mengatakan tentang Rasulullah SAW yang pernah bersabda bahwa berhubungan dengan pasangan setelah menikah adalah hal yang sunnah dan tentu mendapat pahala.

• Memperoleh keturunan
Salah satu tujuan pernikahan adalah untuk mendapatkan anak atau keturunan. Hal ini bertujuan untuk memperoleh generasi penerus keluarga. Yang dimaksud keturunan tentu saja seorang anak yang shalih dan shalihah dan bisa meneruskan perjuangan agama Islam.
Untuk mendapatkan generasi yang berkualitas, Anda dan pasangan harus kompak dalam mengajarkan pendidikan agama. Di sinilah letak tanggung jawab orang tua yang pastinya akan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT.

• Menghindari zina
Salah satu tujuan menikah juga untuk membentengi diri dari hal-hal yang negatif dan mengundang dosa. Anda jangan berpiki bahwa zina itu hanyalah berhubungan badan dengan lawan jenis yang bukan muhrim. Saling bersentuhan, berpandangan, atau bahkan memenuhi hati dan pikiran dengan bayangan lawan jenis adalah salah satu bentuk zina kecil.
Untuk menghindari dosa, Rasulullah pun menganjurkan untuk segera menikah. Dengan adanya ikatan pernikahan, Anda dan pasangan pun menjadi halal. Tak hanya halal, malah akan dinilai ibadah bila Anda dan pasangan selalu berdekatan dan harmonis.

• Menciptakan keluarga Islami
Tujuan pernikahan yang lain adalah untuk membentuk keluarga yang Islami. Rumah tangga Islami adalah sebuah rumah tangga yang berjalan sesuai dalam koridor agama Islam. Pernikahan hanya akan dinilai ibadah dan mendapat pahala apabila suami istri tersebut mampu mengamalkan segala hal yang positif yang memang menjadi ajaran agama.
Itulah beberapa tujuan pernikahan menurut agama Islam yang sudah sepatutnya untuk dipahami. Bila suatu saat nanti ketika Anda sudah menikah dan Anda mengalami perselisihan dengan pasangan, cobalah untuk kembali mengingat-ingat dan memahami tujuan pernikahan. Hal ini akan bisa meredam emosi, ego, dan tentunya kembali berusaha untuk membangun keharmonisan keluarga.

About these ads

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: